toko tokek online | jual beli tokek aman dan terpecaya

kami menjual tokek 2 ons, 2,5 ons, 3 ons up & 4 ons up

Ilmuwan Membuat Lem Ala Kaki Tokek

Posted by amirulll pada Januari 7, 2011

TEMPO Interaktif, Berkeley: Ilmuwan di University of California, Berkeley, Amerika Serikat, kembali melanjutkan risetnya dalam menciptakan lem sintetis yang mirip dengan kaki lengket tokek (Gecko gecko). Penemuan terbaru mereka adalah perekat yang dapat membersihkan sendiri kotoran dan debu yang melekat sehabis digunakan tanpa memerlukan air atau bahan kimia,

mirip dengan rambut jari tokek. Penemuan ini membawa para ilmuwan itu semakin dekat dengan tujuan membuat robot segala medan yang dapat memanjat dinding dan langit-langit di lingkungan alami, bukan cuma di atas kaca yang bersih.
“Kami dapat membayangkan robot itu bisa pergi ke mana pun diperlukan, mungkin untuk mencari korban yang selamat setelah bencana,” kata Ron Fearing, dosen teknik listrik dan komputer di University of California, sekaligus kepala tim riset pengembangan material baru tersebut.
Perkembangan perekat ala tokek ini dilaporkan dalam Langmuir, jurnal American Chemical Society. Selama bertahun-tahun para ilmuwan berupaya mengembangkan rambut jari yang memungkinkan tokek berakrobat, dalam versi buatan manusia.
Awal tahun ini, kelompok Fearing berhasil membuat perekat yang terinspirasi dari tokek dengan menggunakan serat mikro polimer yang dengan mudah menempel dan lepas dari permukaan yang bersih. Meski demikian, mereka belum bisa meniru kemampuan tokek yang dapat berjalan di permukaan yang kotor sekaligus menjaga kakinya tetap bersih sehingga dapat memanjat dinding.
Pada 2005, sebuah tim yang diketuai oleh Kellar Autumn, dosen biologi di Lewis & Clark College di Portland, Oregon, untuk pertama kalinya berhasil mengungkapkan bahwa tokek menjaga kaki lengketnya tetap bersih dengan mengebaskan partikel tanah setiap kali melangkah.
“Kaki tokek itu sangat berlawanan dengan selotip yang menjadi “magnet” untuk menarik debu serta kotoran dan tidak dapat dipakai ulang,” kata Fearing. “Dengan perekat tokek ini, kami bisa membuat material pertama yang dapat menempel sekaligus membersihkan diri dari debu setiap kali kontak.”
Dalam studi terbarunya, Fearing dan timnya merancang perekat dengan serat mikro yang terbuat dari polimer kaku. Dengan menggunakan bola-bola mikro berdiameter 3-10 mikrometer untuk mensimulasikan kontaminan, para ilmuwan bisa menunjukkan bahwa serat mikro menekan partikel bola-bola mikro ke ujung serat ketika perekatnya tidak menyentuh permukaan. Ketika serat menekan permukaan halus, kontaminan membuat kontak yang lebih besar dengan permukaan dibanding dengan serat.
SCIENCEDAILY
Sumber: http://tempointeraktif.com/hg/iptek/2008/09/14/brk,20080914-135399,id.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: